Friday, July 12, 2024
PPIDProfil

Visi dan Misi

VISI DAN MISI DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN SEMARANG

VISI

Visi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Semarang dirumuskan dengan memperhatikan Visi Bupati Semarang yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Semarang Tahun 2021– 2026 yaitu :

“BERSATU, BERDAULAT BERKEPRIBADIAN, SEJAHTERA DAN MANDIRI (BERDIKARI), DENGAN SEMANGAT GOTONG-ROYONG BERDASARKAN PANCASILA DALAM BINGKAI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA YANG BER-BHINNEKA TUNGGAL IKA”

Berdasarkan pada Visi Kabupaten Semarang diatas, Visi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Semarang ditetapkan sebagai berikut : “Terwujudnya Manusia Karya yang Produktif dan Kompetitif”.

MISI

Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh instansi pemerintah, sebagai penjabaran visi yang telah ditetapkan. Dengan pernyataan Misi diharapkan seluruh anggota organisasi dan pihak yang berkepentingan (stakeholders) dapat mengetahui dan mengenal keberadaan dan peran instansi pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan. Misi adalah rumusan umum mengenai upaya upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi.

Adapun Misi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Semarang adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas SDM unggul yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Meningkatkan kemandirian perekonomian daerah yang berbasis pada industri, pertanian dan pariwisata (INTANPARI), perdagangan, jasa serta sektor lain yang berwawasan lingkungan.
  3. Meningkatkan pemerintahan yang baik, bersih, demokratis, dan bertanggung jawab, didukung oleh aparatur yang kompeten dan professional.
  4. Meningkatkan pemerataan pembangunan guna menunjang pengembangan wilayah, penyediaan pelayanan dasar, dan pertumbuhan ekonomi daerah.
  5. Meningkatkan kepastian hukum, penegakan HAM, mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, serta perlindungan anak di semua bidang pembangunan.
  6. Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup dengan tetap menjaga kelestariannya.
  7. Meningkatkan pemberdayaan pemuda, olahraga serta melestarikan seni dan budaya lokal.

 

Dalam rangka mencapai visi pembangunan Kabupaten Semarang Tahun 2021-2026, Misi yang akan ditempuh Dinas tenaga Kerja Kabupaten Semarang berada di Misi ke 2 (dua ) yaitu :

Meningkatkan kemandirian perekonomian daerah yang berbasis pada industri, pertanian dan pariwisata (INTANPARI), perdagangan, jasa serta sektor lain yang berwawasan lingkungan.