Friday, July 12, 2024
Kegiatan

Pelatihan Tenaga Kerja Mandiri di Desa Mlilir Kecamatan Bandungan

Kegiatan pelatihan tenaga kerja mandiri merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Semarang untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitas tenaga kerja dalam menghadapi tuntutan pasar kerja yang terus berkembang. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Mlilir Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang pada tanggal 21 s/d 23 Februari 2024.

Tujuan kegiatan ini adalah :

  1. Mendorong Kemandirian Ekonomi: Melalui pelatihan ini, tujuannya adalah untuk memberdayakan individu agar memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk memulai dan mengelola usaha mereka sendiri. Ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dan mengurangi ketergantungan pada pekerjaan formal.
  2. Mengurangi Tingkat Pengangguran: Dengan memberikan pelatihan kepada para calon wirausaha, diharapkan akan tercipta lebih banyak peluang kerja di sektor swasta melalui pendirian usaha baru. Hal ini dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran di masyarakat.
  3. Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan: Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis, manajerial, dan kepemimpinan para peserta sehingga mereka dapat mengelola usaha mereka dengan lebih efektif dan efisien.
  4. Mendorong Inovasi dan Kreativitas: Melalui pelatihan ini, diharapkan akan mendorong para peserta untuk menjadi inovatif dan kreatif dalam mengembangkan ide bisnis baru dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam menjalankan usaha mereka.
  5. Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi: Dengan berhasilnya usaha-usaha baru yang didirikan oleh para peserta pelatihan, diharapkan akan terjadi peningkatan kesejahteraan ekonomi baik bagi para pemilik usaha maupun bagi masyarakat sekitarnya melalui penciptaan lapangan kerja dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi lokal.

Dengan demikian, pelatihan tenaga kerja mandiri wirausaha baru yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Semarang bertujuan untuk memberikan dukungan dan bimbingan kepada calon wirausaha untuk berhasil memulai dan mengembangkan usaha mereka sendiri.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Semarang pada tanggal 21 Februari 2024. Jenis pelatihan adalah pembuatan aneka makanan yaitu :

– Bolen pisang
– Enting-enting Sultan
– Keciput
– Nastar Roll
– Bolu gulung
– Pie buah

(DIB-pent)